Minggu, 08 Mei 2011

Belajar Action Script Flash Dasar 2

Perbedaan pemrograman Action Script (AS) Flash dengan pemrogramman yang lain adalah flash memiliki posisi yang berbeda-beda dan format pengunaan yang berbeda pula. Hal ini menjadi keunggulan sekaligus kelemahan AS Flash. Dengan posisi yang berbeda kita dapat menempatkan AS pada posisi yang lebih menguntungkan, tetapi disisi lain akan sangat membingungkan karena kita harus tahu apakan AS tersebut terbaca atau tidak. Jadi ada kemungkinan AS benar tetapi tidak terbaca hingga jalannya program tidak sesuai dengan keinginan.

Action Script pada Frame
Pada posisi ini keberadaan AS ditandai dengan simbul huruf a pada frame yang bersangkutan. Perhatikan gambar kiri dibawah ini


Agar kita membuat script pada posisi yang tepat, clik dahulu posisi yang dikehendaki. Bila ingin membuat AS pada frame, clik frame hingga muncul tulisan Action – Frame di atas docker AS seperti gambar kanan diatas. Lalu ketik listing program pada tempat yang disediakan. Posisi ini telah kita coba pada belajar action script sebelumnya

Action Script pada Button
Pengunaan AS pada button selalu diikuti dengan event. Jadi AS tersebut akan dijalankan pada saat event berlangsung. Bila ingin membuat AS pada button, clik button hingga muncul tulisan Action – Button di atas docker AS seperti gambar dibawah ini. Lalu ketik listing program pada tempat yang disediakan.


Pada gambar di atas terlihat bahwa even yang digunakan adalah on release, Sedangkan even even yang ada pada button adalah :
  • Press (artinya perintah dijalankan saat button ditekan/diklik)
  • Release (artinya perintah dijalankan saat klik dilepas)
  • Release Outside (artinya perintah dijalankan saat klik dilepas di luar button)
  • Roll Over (artinya perintah dijalankan saat mouse berada di atas button)
  • Roll Out (artinya perintah dijalankan saat mouse berada di luar button)
  • Drag Over (artinya perintah dijalankan saat mouse melakukan drag di atas button)
  • Drag Out (artinya perintah dijalankan saat mouse melakukan drag di luar button)
  • Key Press (artinya perintah dijalankan saat tombol keybort yang tertulis ditekan)
Sedangkan mc2._alpha = 50 adalah perintah yang dijalankan saat even terjadi. Disini berarti saat tombol dilepas setelah diklik maka akan menjalankan perintah membuat object transparan 50 %.

Cara membuat AS di button
  1. Buat movie clip kemudian dipasangkan instan name (misalkan mc2)
  2. Ambil tombol yang telah tersedia pada library Button kemudian drag button tersebut ke state, jika tidak ada munculkan dengan perintah windows > commond libraries > Button.
  3. Klik tombol tersebut lalu pastikan kalau Action yang akan ditulis berada pada button dengan membuktikan seperti gambar diatas.
  4. Tuliskan scrip dibawah ini
  5. on (press) { mc2._rotation += 15; }
  6. Test Movie dengan menekan kontrol enter dan perhatikan perubahan yang terjadi pada movieclip mc2.
file:///C:/Documents%20and%20Settings/smk/Desktop/basd02.fla

    0 komentar:

    Poskan Komentar