Jumat, 30 September 2011

SUARA PADA TOMBOL

Untuk melengkapi kesempurnaan pada sebuah tombol selain bentuknya yang dibuat bagus, kita dapat menambahkan suara pada tombol tersebut. Sebelum membaca  tutorial di bawah ini anda harus sudah dapat membuat sebuah tombol di flash. Jika belum bisa membuat tombol silahkan baca tutorial dasar dasar membuat tombol. Hampir sama dengan memainkan suara pada flash, untuk memainkan suara pada sebuah tombol dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menempatkan suara pada frame dan memainkan suara dengan menggunakan actionscript. Silahkan pilih menurut anda anda mana yang mudah untuk digunakan :
A. Menempatkan suara di frame
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah persegi panjang berwarna merah bergaris hitam. Buatlah sebuah static text bertuliskan tombol dan tempatkan di tengah-tengah persegi panjang. Seleksi persegi panjang dan static text lalu tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan tombol sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
3. Tekan Ctrl+R. Pada panel yang muncul cari 2 buah suara yang diinginkan dan tekan open.
4. Klik kanan tombol di stage dan pilih Edit.
5. Seleksi frame Over dan Down lalu tekan F6. Ubah warna persegi panjang di frame over menjadi merah muda dan juga ubah warna persegi panjang di frame down menjadi merah tua.
6. Seleksi frame Over dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul ubah Sound menjadi suara yang akan digunakan sebagai suara saat mouse berada di atas tombol, Effect:None, Sync:Event Repeat 1.
7. Seleksi frame Down dan pada panel properties ubah Sound menjadi suara yang akan digunakan sebagai suara saat tombol diklik oleh mouse, Effect:None, Sync:Event Repeat 1.
8. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

0 komentar:

Poskan Komentar