Selasa, 18 Oktober 2011

MENGKONFIGURASI SSID DAN CHANNEL

SETTING SSID

Terlepas jika klien nirkabel yang berkomunikasi dalam suatu IBSS, BSS atau ESS percakapan antara pengirim dan penerima harus dikontrol. Salah satu cara ini dilakukan adalah melalui penggunaan Channels.

Saluran diciptakan dengan membagi spektrum RF yang tersedia. Setiap saluran mampu membawa percakapan yang berbeda. Hal ini mirip dengan cara saluran televisi beberapa ditransmisikan di media tunggal. Beberapa AP dapat berfungsi dalam jarak dekat satu sama lain selama mereka menggunakan saluran yang berbeda untuk komunikasi.

Sayangnya adalah mungkin untuk frekuensi yang digunakan oleh beberapa saluran tumpang tindih dengan yang digunakan oleh orang lain. Percakapan yang berbeda harus dilakukan pada non-overlapping channel. Jumlah dan distribusi saluran bervariasi menurut wilayah dan teknologi. Pemilihan saluran yang digunakan untuk percakapan tertentu dapat diatur secara manual atau secara otomatis, berdasarkan faktor-faktor seperti penggunaan saat ini dan throughput yang tersedia.

Biasanya setiap percakapan nirkabel yang menggunakan saluran terpisah. Beberapa teknologi baru menggabungkan saluran untuk membuat saluran lebar tunggal, yang menyediakan lebih banyak bandwidth dan meningkatkan data rate.

 
Dalam WLAN, kurangnya yang jelas batas-batas tidak memungkinkan untuk mendeteksi jika tabrakan terjadi selama transmisi. Oleh karena itu, perlu menggunakan metode akses pada jaringan nirkabel yang memastikan tabrakan tidak terjadi.

Teknologi nirkabel menggunakan metode akses yang disebut Carrier Sense Multiple Access dengan Collision Avoidance (CSMA / CA). CSMA / CA menciptakan pemesanan pada saluran untuk digunakan oleh percakapan tertentu. Sementara pemesanan di tempat, tidak ada perangkat lain dapat mengirimkan pada saluran sehingga tabrakan mungkin dihindari.

Bagaimana proses kerja reservasi ini? Jika perangkat membutuhkan penggunaan saluran komunikasi tertentu dalam BSS, ia harus meminta izin dari AP. Ini dikenal sebagai Permintaan untuk Kirim (RTS). Jika saluran tersebut tersedia, AP akan merespon perangkat dengan Hapus untuk Kirim (CTS) pesan yang menunjukkan bahwa perangkat dapat mengirimkan pada saluran. Sebuah CTS adalah broadcast ke semua perangkat dalam BSS. Oleh karena itu, semua perangkat dalam BSS tahu bahwa saluran yang diminta sekarang digunakan.

Setelah percakapan selesai, perangkat yang meminta saluran mengirimkan pesan lain ke AP dikenal sebagai Pengakuan (ACK). ACK menunjukkan kepada AP bahwa saluran tersebut dapat dilepaskan. Pesan ini juga disiarkan ke semua perangkat pada WLAN. Semua perangkat dalam BSS menerima ACK dan tahu bahwa saluran tersebut sekali lagi tersedia.

SETTING CHANNEL

Setelah pilihan standar nirkabel, tata letak dan penugasan saluran telah dibuat saatnya untuk mengkonfigurasi AP.

Sebagian besar router terpadu menawarkan baik konektivitas kabel dan nirkabel dan berfungsi sebagai AP di jaringan nirkabel. Pengaturan konfigurasi dasar seperti password, alamat IP, dan pengaturan DHCP adalah sama apakah perangkat sedang digunakan untuk menghubungkan host kabel atau nirkabel. Tugas konfigurasi dasar, seperti mengubah password default, harus dilakukan sebelum AP terhubung ke jaringan hidup.

Bila menggunakan fungsi nirkabel modem terintegrasi dengan router, parameter konfigurasi tambahan yang diperlukan, seperti pengaturan mode nirkabel, SSID, dan saluran nirkabel untuk digunakan.

Wireless Modus

Kebanyakan rumah perangkat AP dapat mendukung berbagai mode, terutama 802.11b, 802.11g dan 802.11n. Meskipun semua menggunakan kisaran 2,4 GHz, masing-masing menggunakan teknologi yang berbeda untuk mendapatkan throughput yang maksimum. Jenis mode diaktifkan di AP tergantung pada jenis host menghubungkan ke sana. Jika hanya satu jenis host terhubung ke perangkat AP, mengatur mode untuk mendukungnya. Jika beberapa jenis host yang akan terhubung, pilih Modus Campuran. Setiap mode mencakup sejumlah overhead. Dengan mengaktifkan mode campuran, kinerja jaringan akan menurun karena overhead yang terjadi dalam mendukung semua mode.

SSID

SSID yang digunakan untuk mengidentifikasi WLAN. Semua perangkat yang ingin berpartisipasi dalam WLAN harus menggunakan SSID yang sama. Untuk memungkinkan deteksi mudah WLAN oleh klien, SSID broadcast. Hal ini dimungkinkan untuk menonaktifkan fitur siaran SSID. Jika SSID tidak disiarkan; klien nirkabel akan perlu memiliki nilai ini secara manual dikonfigurasi.

Saluran nirkabel

Pilihan saluran untuk sebuah AP harus dibuat relatif terhadap jaringan nirkabel lain di sekitarnya. BSSs yang berdekatan harus menggunakan non-overlapping channel dalam rangka mengoptimalkan throughput. Kebanyakan AP sekarang menawarkan pilihan untuk secara manual mengkonfigurasi channel atau memungkinkan AP untuk secara otomatis mencari saluran paling padat atau mencari satu yang menawarkan throughput maksimum.


LATIHAN SETTING SSID PADA ACCESS POINT LINKSYS

1.     Klik pada kotak dekat tulisan linksys GUI (cisco ccna discovery 1)

Kemudian mucul kotak dialog seperti dibawah dan baca perintahnya dan klik topology untuk latihan 

 kemudian pilih host

1.     masukkan alamat http//192.168.1.1 lalu tekan ENTER (itu adalah IP standar milik linksys)


Masukkan password admin dan kosongi kotak username lalu pilih OK

Lalu muncul jendela linksys untuk setting SSID, lalu pilih kotak wireless
 
Ganti network mode menjadi mixed dan ganti SSID menjadi academy lalu pilih sava settings dan untuk melihat hasil pilih check

Setelah dipilih check seperti inilah hasilnya 


SETTING WIRELESS CHANNEL

Langkah awalnya sama seperti setting SSID hanya saja bedanya pada saat sudah masuk ke jendela linksys

Kemudian pilih kotak wireless dan ganti radio band dari auto menjadi standard dan standard channel menjadi 6 lalu klik save setting 

 Untuk langkah berikutnya pilih check sama seperti setting SSID diatas dan hasilnya adalah

SELAMAT MENCOBA !!!!!!!!!!!!!!!  ^.^

0 komentar:

Posting Komentar