Jumat, 29 Juli 2011

Definisi HTTP dan HTTPs

Sebenarnya artikel ini bagi para pakar netter mungkin adalah hal yang sepele. Berhubung penulis hanyalah blogger pemula dan dalam rangka berbagi maka artikel ini penulis buat. Pada saat browsing kita sering dibuat bingung dengan peringatan dalam browser (misal  Google Chrome) dengan munculnya url dengan diawali https. Apa bedanya dengan HTTP. Untuk lebih jelasnya dibawah ini diuraikan Definisi http dan https secara ringkas.


DEFINISI HTTP DAN HTTPS


HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.


Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

Sementara HTTPS (Securre HTTP) merupakan bentuk protokol yang aman karena segala perintah dan data yang lewat protokol ini akan diacak dengan berbagai format sehingga sulit untuk dibajak isinya maupun dilihat perintah-perintah yang dieksekus

0 komentar:

Poskan Komentar