Jumat, 29 Juli 2011

Kiat Membeli Komputer

Untuk membeli sebuah PC pada umumnya tips yang dapat Anda gunakan adalah sesuaikan dengan kebutuhan, pilih waktu yang tepat, dan sesuaikan dengan anggaran dana yang Anda miliki dan cari referensi tentang perkembangan perangkat karas.

Tips Pertama
Secara umum tips pertama untuk membeli sebuah PC adalah sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apa yang Anda inginkan dari sebuah PC apakah untuk bermain game, mendengarkan musik, menonton film, mengerjakan tugas yang berhubungan dengan pengolahan data dan teks, mengolah gambar/suara/animasi, atau kebutuhan yang lain.
Secara garis besar PC sesuai kebutuhan dibagi menjadi 3. Pertama adalah PC kantoran yang biasanya digunakan untuk mengolah data, teks, database, browsing di internet, email dan yang berhubungan dengan aktifitas perkantoran. Kedua adalah PC multimedia, biasanya PC multimedia dibagi menjadi dua, yaitu PC multimedia untuk hiburan seperti mendengarkan musik dan menonton film dan PC multimedia untuk mengolah suara, gambar, vedio maupun membuat animasi. Ketiga adalah PC Gaming, sedate jelas dari namanya PC ini biasanya digunakan bagi Anda maniak game.

Tips Kedua
Tips kedua adalah sesuaikan dengan anggaran dana Anda. Berapa dana yang Anda miliki akan menentukan sebuah kualitas PC yang akan Anda miliki. Semakin banyak dana yang Anda miliki, maka Anda semakin banyak pilihan untuk menentukan perangkat keras apa saja yang akan Anda beli. Tapi jangan salah harga mahal dari sebuah perangkat keras belum tentu memberikan kinerja yang maksimal jika tidak dibarengi pengetahuan memilih PC yang tepat.
Secara garis besar PC sesuai anggaran dana dibagi menjadi tiga. Pertama PC Mewah, yaitu PC yang didukung dengan anggaran dana yang besar. Kedua adalah PC Menengah, yaitu PC yang didukung anggaran dana yang mencukupi tetapi tidak terlalu besar. Ketiga adalah PC sederhana, yaitu PC yang didukung anggaran dana yang mepet atau sedikit.
Tapi jangan menganggap kalau PC sederhana dengan anggaran dana yang pas-pasan tidak memberikan kinerja yang optimal. Karena banyak faktor akan mempengaruhi bagaimana orang itu membelanjakan angaran dana yang dimiliki untuk membeli sebuah PC terbaik.

Tips Ketiga
Tips ketiga adalah memilih waktu yang tepat untuk membeli sebuah komputer. Jika kebutuhan penggunaan PC tidak mendesak tips ini patut untuk diperhatikan.
Perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras yang sangat cepat menimbulkan kebingungan kita untuk menentukan PC yang tepat, karena perkembangan perangkat keras tiap bulannya mengalami perubahan baik adanya perangkat keras baru atau perangkat keras yang menyempurnakan perangkat keras sebelumnya. Hal ini sepertinya merugikan kita sebagai pembeli, karena jika kita membeli bulan ini beberapa bulan kemudian PC kita sudah ketinggalan teknologi. Anggapan seperti itu sebenarnya kurang tepat karena dengan teknologi yang ada sekarang maka untuk menyesuaikan dengan teknologi yang akan berkembang kita tinggal mengupgrade salah satu komponen/beberapa komponen saja dan tidak harus mengupgrade semua komponen. Di samping itu dengan perkembangan yang sangat cepat sebenarnya menguntungkan kita, karena jika produk baru keluar produk lama harganya akan turun. Meskipun produk lama, pada kenyataanya masih bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi untuk beberapa tahun ke depan walaupun semua kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh perangkat lunak tidak sepenuhnya akan bisa kita nikmati.
Intinya, kita harus cermat dan teliti mengamati perkembangan harga, jika pada waktu harga turun disitulah kesempatan kita untuk mendapatkan perangkat keras yang berkualitas.

Tips Keempat
Tips keempat adalah mencari informasi perangkat keras dan perangkat lunak yang berkembang pada saat ini dan yang akan datang. Informasi ini bisa didapatkan dari majalah komputer, penjual maupun internet.
Internet merupakan alternatif yang paling mudah, murah dan lengkap untuk mendapatkan informasi. Kita bisa mengandalkan search engine/me-sin pencari seperti yahoo dan google. Dengan mengetikkan apa yang ingin kita ketahui maka link tentang informasi yang kita butuhkan akan segera ditampilkan dengan cepat.
Sebenarnya tips keempat ini adalah tips yang paling penting setelah menentukan kebutuhan dan anggaran yang kita miliki kita langsung bisa mencari tentang perangkat keras pilihan kita. Di samping itu kapan harga turun dan naik dapat digunakan untuk menentukan waktu yang tepat untuk membeli sebuah PC.
Dengan mengetahui informasi yang lengkap dan melakukan perbandingan terhadap beberapa perangakt keras pilihan kita tidak akan salah. Ya, pada intinnya kita harus mengakui bahwa untuk mendapatkan/menguasai sesuatu dibutuhkan informasi yang akurat, relavan dan tepat pada waktunya.

Tips Kelima
Tips kelima adalah kita tidak harus membeli perangkat keras di satu toko. Harga komponen yang sama di toko A dan toko B mungkin berbeda. Dengan prinsip ekonomi kita herharap akan mendapatkan barang yang bagus tetapi dengan harga yang murah.
Mungkin selisih dari perangkat keras yang sama di toko-toko tidak jauh berbeda, tapi jika semua perangkat keras memiliki selisih, maka jumlah selisih tersebut jika dikumpulkan akan menjadi banyak. Oleh karena itu kita harus membandingkan harga perangkat keras antara toko-toko yang ada.
Untuk membandingkan harga kita bisa langsung datang ke toko-toko, ke kawasan penjualan khusus komputer atau jika ada waktu pameran komputer.
Tapi ingat jika ongkos untuk keliling mencari perangkat keras yang murah melebihi selisih yang akan kita terima lebih baik membeli di satu toko saja. Oleh karena itu pilih kawasan yang toko-tokonya khusus menjual komputer atau pas lagi ada pameran.
Hal lain yang tidak bisa kita abaikan adalah kita harus pergi ke toko pagi-pagi supaya waktu untuk membandingkan tidak terburu-buru dan bisa memutuskan dengan pikiran jernih selain itu jangan lupa membawa kalkulator sehingga kita bisa menghitung pengeluaran yang akan kita keluarkan.

0 komentar:

Poskan Komentar