Sabtu, 14 Januari 2012

MEMBUAT SOFTWARE SEDERHANA DENGAN FLASH 8

Tutorial Membuat Software sederhana dengan Flash 8,
Untuk tutorial ini, aplikasi yang dibutuhkan adalah : Flash 8 MDM Zinc dalam tutorial ini versi 2.5 dapat di download di sini 


Software MDM Zinc adalah software untuk membuat file *.swf menjadi *.exe. Selain itu SA ini dapat membuat aplikasi yang kita buat di Flash dapat di install. 

 
Buka SA Flash seperti biasa, desain sesuka anda.Lebih jelasnya sudah ada di tutorial sebelumnya (Membuat Game di Flash). Yang perlu di perhatikan adalah dalam membuat software di flash kita bisa membuat password, fitur jam dan dialog MDM zinc. 


 
Untuk membuat password : 
Gunakan text tool dan buat dengan type dynamic. Isi variable dengan pass. Buat kembali kotak text tool dengan type dynamic. Isi variable dengan nama Gunakan kedua perintah tadi pada 1 Frame 1 layer. Buat button dan masukan script: 

on (release) { if (pass eq "tutorial")//password tutorial if(nama eq "fatur")//username fatur gotoAndStop(2) else//jika salah gotoAndPlay(3)


Arti dari script diatas adalah : Jika pada variable pass di isi tutorial dan pada variable nama di isi fatur maka akan berlajut ke frame berikutnya. Jika salah (script : else) maka berlanjut ke frame salah password atau salah username. 
Untuk Membuat Fitur jam : Buat 2 kotak dengan text tool, type dynamic lalu ubah ke movie clip. Buat kotak pertama masukan script : 

time = new Date(); // time object var seconds = time.getSeconds(); var minutes = time.getMinutes(); var hours = time.getHours(); if (hours<12) {
ampm = "Pagi"; } else {
ampm = "Malam"; } while (hours>12) {
hours = hours-12; } if (hours<10) {
hours = "0"+hours; } if (minutes<10) {
minutes = "0"+minutes; }
if (seconds<10) { 
seconds = "0"+seconds; } clock_txt.text = hours+":"+minutes+":"+seconds+" "+ampm;
//clock_txt adalah instance name yang berada pada kotak di bawah kotak type dynamic 
 

Dan kotak satunya lagi isi dengan script hari dan tanggal yang sudah dibahas di tutorial sebelumnya. 
Untuk membuat dialog di MDM zinc Buat sebuah button isi dengan script : 

On (release){ 
mdm. Dialogs.prompt(“Data Sudah Disimpan”)
//ubah kata –kata yang ada di sela – sela tanda kutip

Jadi ketika button finish ditekan maka akan keluar dialog “Data Sudah di simpan” dan kembali ke frame awal, jika kita menambahkan script lagi. 

Terima Kasih, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar