Sabtu, 07 Juli 2012

PGBU

PGBUpikir, gambar, buat, uji.
Adalah kegiatan siswa membuat sebuah rencana kerja sebelum pembuatan produk yang ingin diciptakannya. PGBU adalah syarat mutlak yang harus dilaksanakan. Setelah mendalami beberapa teori dan ketrampilan dasar pengerjaan dengan rotasi, siswa diberikan soal pemecahan masalah untuk mampu berkreasi dalam pembuatan benda kerja.
Pikir , pada tahap ini siswa secara berpasangan dan kelompok mulai mengeksplorasi dan mendata apa-apa sajayang akan dilakukan untuk menciptakan benda kerja . Pertanyaan-pertanyaan akan muncul dan semua ditulis sebagai bagian dari brainstorming. Bisa saja dimulai dengan : apa benda yang akan kita buat ? bahan dasar utama apakah yang diperlukan ? dan sebagainya.
Gambar, setelah semua tertuang dalam kalimat pertanyaan pada tahap pikir, maka sekarang siswa diminta untuk bisa menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar tentang benda kerja yang akan diciptakannya. Gambar dibuat dalam proyeksi isometris dan siku-siku sertaukuran yang akan diciptakannya.
Buat, ini adalah tahap perencanaan tertulisuntuk selanjutnya dituangkan dalam proses kerja pembuatan benda kerja. Siswa dituntut untuk bisa menjelasan langkah kerja dari benda yang akan dibuatnya secara tertulis, barulah kemudian dituangkan dalam pekerjaan pembuatan benda kerja. Pembagian tugas kelompok ( jika berkelompok) menjadikan siswa untuk terus bekerjasama dalam mewujudkannya.
Uji, pada tahap ini pengujian benda dilakukan, apakah benda kerja sesuai dengan gambar dan ukurannya tepat. Ataukah benda tersebut belum berhasil sesuai dengan keinginan yang diharapkan.

0 komentar:

Poskan Komentar