Sabtu, 05 Maret 2011

6 CIRI LOGO YANG BAIK

Jika bicara soal keindahaan/estetika dalam sebuah logo, mungkin kita akan terbentur tanpa adanya akhir karena sifatnya yang sangat relatif. Namun ketika berbicara masalah baik atau tidak, kita akan mengacu kepada fungsionalitas, Dimana sebuah logo dinilai dari fungsi dan tujuannya. Kali ini kita akan melihat beberapa ciri-ciri dari logo yang baik dan mungkin bisa menjadi tips bermanfaat.
1) Sederhana
Logo yang baik adalah logo yang sederhana (simple). Kesederhanaan membuat logo mudah diingat dan fleksibel ketika diterapkan kedalam berbagai media visual.

2) Unik
Namun sederhana saja ternyata tidak cukup. Logo yang baik juga harus unik dan mudah dibedakan dengan logo lain (khususnya logo dari pesaing).

3) Mudah Diingat
Ciri selanjutnya dari sebuah logo yang baik adalah mudah untuk diingat. Logo yang mudah diingat akan mendukung perusahaan tetap dalam posisi teratas dalam ingatan konsumen. Secara tidak langsung ini akan meningkatkan penjualan dan omset dari perusahaan.

4) Tahan Lama
Logo yang bertahan lama tentu akan sangat menguntungkan perusahaan. Redesign sebuah logo akan memakan banyak biaya dan waktu. Selain itu, perubahan logo juga dapat membingungkan konsumen dan bahkan bukan tidak mungkin akan kehilangan banyak pelanggan.

5) Fleksibel
Logo akan digunakan kedalam berbagai media visual seperti stempel, akrilik, faktur dll. Oleh karena itu, sebuah logo yang baik harus bisa ditempatkan kepada berbagai kondisi dan tetap tidak kehilangan bentuk sebenarnya.

6) Sesuai
Ciri lain dari logo yang baik adalah kesesuaian. Logo harus bisa menggambarkan apa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam hal ini, tag line mungkin bisa menutupi. Namun kembali lagi kepada kondisi dimana sebuah logo harus ditempatkan kedalam berbagai media visual dan harus berdiri sendiri tanpa adanya tag line.

0 komentar:

Poskan Komentar