Kamis, 09 Februari 2012




Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)



SOLO – Panitia pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) membuka pendaftaran jalur undangan mulai Rabu (1/2/2012) esok hingga Kamis (8/3/2012). Tahun ini, nilai rapor bisa digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran.
Menurut Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Panitia Lokal 44, Prof Sutarno, MSi, PhD, tahun ini ada peraturan dimana prestasi akademik menjadi salah satu persyaratan untuk bisa masuk SNMPTN melalui jalur undangan. Murid yang memiliki nilai rapor atau prestasi akademik tinggi dan konsisten pada semester tiga, empat dan lima dapat diusulkan sekolah untuk mengikuti pendafataran jalur undangan. Dia mengungkapkan kepala sekolah akan merangking dan merekomendasikan murid berdasarkan prestasi tertinggi.
“Tahun ini ada 996 kuota yang disediakan panitia bagi para murid berprestasi,” jelas dia saat jumpa pers di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (31/1/2012) sore. Dia mengatakan kendati dapat menggunakan nilai rapor sebagai salah satu persyaratan pihaknya tidak memperkenankan murid pindahan pada semester tiga, empat dan lima dapat masuk seleksi ini. Panitia masih memberikan pertimbangan apabila murid tersebut pindah sekolah pada semester satu, karena mereka bisa mengikuti satu jenjang pendidikan dalam akreditasi sekolah yang sama. “Kami sulit melacak standar akreditasi sekolah bagi murid pindahan, mengingat masing-masing sekolah memiliki akreditasi yang berbeda,” jelas dia.
Dia mengatakan kepala sekolah diharapkan dapat memberikan rekomendasi secara fair, artinya murid yang memiliki nilai tertinggi dan konsisten bisa mendapatkan peluang bukan lantaran ada faktor-faktor lainnya. Lebih lanjut diungkapkan Humas SPMB Panitia Lokal 44 UNS, Tundjung W Sutirto, kepala sekolah diharapkan segera dapat mengakses sehingga data dari sejumlah murid bisa langsung melaluihttp://undangan.snmptn.ac.id.
“Akreditasi sekolah menjadi pertimbangan dalam penentuan rangking pada SNMPTN jalur undangan,” jelasnya.
Lebih lanjut, Prof Sutarno, mengatakan UNS memiliki tambahan jumlah kuota penerima beasiswa Bidikmisi dari tahun sebelumnya yakni dari 400 orang menjadi 500 orang. Peserta yang menerima beasiswa ini akan mendapatkan dana pendidikan senilai Rp6 juta per semester. Dia mengatakan calon penerima beasiswa ini terlebih dahulu harus didaftarkan oleh kepala sekolah untuk menentukan siapa saja murid berprestasi namun tidak mampu.
“Calon peserta terlebih dahulu didaftarkan oleh kepala sekolah melalui http://bidikmisi.dikti.go.id,” jelasnya.
Jadwal
- Proses seleksi: 1 Februari, pukul 08.00 WIB hingga 8 Maret, pukul 22.00 WIB
- Seleksi Jalur Undangan: 9 Maret-15 Mei 2012
- Pengumuman jalur undangan: 25 Mei, pukul 18.00 WIB
- Pendaftaran ulang: 12-13 Juni 2012
Sumber: SPMB UNS

0 komentar:

Poskan Komentar