Kamis, 09 Februari 2012

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Mulai 1 Februari 2012

BANDUNG, (PRLM).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan akan dimulai Rabu (1/2) secara online melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id. Secara umum, tidak ada perbedaan antara SNMPTN 2012 dengan SNMPTN 2011, kecuali integrasi program Bidik Misi ke dalam SNMPTN.
Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, Prof. Akhmaloka menuturkan, kuota bidik misi tahun 2012 ini sekitar 30.000. Jumlah ini tersebar di hampir semua perguruan tinggi negeri di Indonesia.
“Yang paling banyak saya tidak begitu hafal, tapi sepertinya masih Brawijaya. Dan tahun ini SNMPTN diikuti oleh 61 PTN di seluruh Indonesia,” kata Akhmaloka saat ditemui di Kampus ITB Jln. Ganeca Bandung, Senin (30/1/12).
Berbeda dengan tahun lalu, kata Akhmaloka, tahun ini para peserta yang ingin memperoleh beasiswa bidik misi terlebih dahulu harus mendaftar di laman bidik misi. Setelah mendaftar dan dinyatakan layak, baru ikut SNMPTN.
“Kalau dulu terbalik, daftar dulu SNMPTN baru mendaftar bidik misi, sekarang bidik misi dulu. Kalau eligibel baru ikut seleksi,” tuturnya.
Di luar integrasi bidik misi, kata dia aturan lainnya relatif sama. Seperti aturan 60 persen untuk jalur SNMPTN dan 40 persen jalur mandiri masih tetap diberlakukan tahun ini. “ITB tetap 100 persen SNMPTN,” ucapnya.
Selain itu, Akhmaloka menjelaskan, seperti yang diungkapkan Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, hasil Ujian Nasional siswa akan menjadi bahan evaluasi terakhir. Oleh karena itu pengumuman jalur undangan pun dilakukan setelah pengumuman kelulusan UN.
“Apa istilahnya terserah teman-teman, yang jelas sesuai dengan yang dikatakan pak Dirjen, UN menjadi bahan evaluasi akhir. Untuk jalur undangan misalnya akan dilihat nilai rapornya, kemudian dilihat juga UN-nya, kalau dia lulus UN bisa masuk, kalau tidak yang tidak bisa,” ungkapnya.
Rencananya pendaftaran SNMPTN jalur undangan dilaksanakan 1 Februari hingga 8 Maret 2012. Sementara pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada 25 Mei 2012 pukul 18.00 WIB. Tata cara pengisian borang pendaftaran jalur undangan sudah dapat diunduh sejak 20 Januari 2012.
Sementara untuk SNMPTN jalur tertulis, pendaftarannya akan dilaksanakan pada 10-31 Mei 2012. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id.
Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dapat diunduh (download) dari laman http://download.snmptn.ac.id mulai 11 Maret 2012. Untuk biaya pendaftaran seleksi masih sama yakni Rp 150.000 per siswa untuk kelompok IPA atau kelompok IPS, dan Rp 175.000 per siswa untuk kelompok IPC. Sementara pelaksanaan ujian tertulis dilaksanakan 12-13 Juni 2012, dan hasilnya akan diumumkan 7 Juli 2012.

0 komentar:

Poskan Komentar